USG Ibu Hamil di Trimester Pertama, Baca Selengkapnya di bawah ini!

Penulis: Fadila Nur’aini, S.Tr.Keb
Ibu hamil memeluk pasangan dengan memegang hasil USG (Dok.Freepik/rawpixel.com)


Selamat testpack Anda positif! Anda dan pasangan tentunya ingin memastikan kehamilan. USG ibu hamil pada trimester I adalah cara untuk memastikan Anda hamil atau tidak. USG menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar janin di dalam rahim. USG dapat dilakukan di klinik atau rumah sakit yang terdekat dari rumah Anda.

Umumnya Anda akan diperiksa dengan USG abdominal atau dari perut. Pada usia kehamilan kurang dari 10 minggu biasanya akan tampak kantung kehamilan saja. Namun sekitar usia kehamilan 10 minggu keatas sudah mulai tampak janin. Anda tidak harus melakukan USG setiap minggu, setidaknya Anda sudah periksa USG satu kali pada trimester pertama.

Sebelum Anda periksa, biasanya Anda akan diminta untuk memenuhi kandung kemih dengan cara minum yang banyak dan menahan buang air kecil. Kandung kemih yang penuh dapat membuat gambaran USG menjadi lebih jelas. Durasi pemeriksaan USG memakan waktu kurang lebih 20 menit.

Anda boleh datang dengan pasangan selama pemeriksaan USG. Umumnya hasil pemeriksaan USG menunjukkan kondisi janin berkembang dengan baik dan tidak ada masalah. Ini dikarenakan bayi dalam keadaan yang sehat. Jika kondisi janin sehat, maka Anda hanya perlu periksa hamil biasa tanpa perlu USG rutin. Di samping itu Anda perlu menjaga kesehatan Anda dan janin misalnya dengan mengonsumsi suplemen Bundavin.

 

Apa tujuan dari USG Ibu Hamil Trimester I?

USG ibu hamil trimester I ini dapat membantu Anda untuk mengetahui usia kehamilan lebih akurat terutama jika Anda lupa hari pertama haid terakhir (HPHT). Oleh karena itu penting untuk Anda memiliki catatan tanggal menstruasi terutama bagi Anda yang ingin merencanakan kehamilan. 

Tujuan USG pada awal kehamilan diantaranya yaitu:

- Untuk mengetahui usia kehamilan Anda dan memastikan kapan hari perkiraan lahir (HPL)

- Untuk mengetahui jumlah janin di dalam kandungan

- Untuk mengetahui apakah janin terletak di dalam kandungan atau di luar kandungan

- Untuk mengetahui perkembangan janin

- Untuk mendeteksi adanya spina bifida

 

Apakah skrining Sindrom Down dapat dilakukan pada USG di awal kehamilan?

USG pada awal kehamilan dapat mendeteksi potensi adanya Sindrom Down. Tentunya prosedur ini dapat dilakukan atas persetujuan Anda dan kapan Anda bersedia untuk diperiksa. Tes skrining Sindrom Down ini terdiri dari tes darah dan USG yang dapat dilakukan sekitar usia kehamilan 10-14 minggu.

Tes darah (tes skrining serum) bertujuan untuk mengukur jumlah berbagai zat dalam darah ibu. Bersama dengan usia ibu, ini dilakukan untuk memperkirakan peluangnya untuk memiliki anak dengan Sindrom Down. Tes darah ini dilakukan bersamaan dengan USG terperinci untuk memeriksa “penanda” atau karakteristik yang diperkirakan memiliki hubungan signifikan dengan Sindrom Down.