Tanda-tanda Melahirkan Yang Wajib Ibu Hamil Ketahui


Penulis : Eva Rosita, A.Md.Keb

Pregnant Women


Masih banyak bunda yang belum mengetahui tanda-tanda melahirkan. Padahal tanda-tanda melahirkan wajib diketahui oleh ibu hamil agar dapat mempersiapkan diri dan tidak panik saat menghadapi proses persalinan nanti.

Tanda persalinan biasanya akan terasa jelang Hari Perkiraan Lahir (HPL) yaitu 2-3 minggu jelang HPL atau bahkan bisa lebih 2 minggu dari HPL. Bunda tidak bisa prediksi kapan akan merasakan tanda tersebut. Oleh sebab itu bunda wajib mengetahui tanda persalinan sejak kehamilan trimester ketiga agar dapat mempersiapkan diri untuk persalinannya nanti. 

Tanda-tanda Persalinan Yang Wajib Diketahui :

Setiap ibu hamil memiliki tanda persalinan yang berbeda. Berikut ini tanda-tanda persalinan yang wajib diketahui

1. Lebih Sering Buang Air Kecil

Menjelang melahirkan bunda akan sering buang air kecil. Hal ini disebabkan karena janin sudah masuk ke rongga panggul dan menekan kandung kemih. Kepala janin yang menekan akan membuat bunda lebih sering BAK. Jaga celana dalam tetap kering agar tidak menimbulkan makin sering BAK. Bunda juga harus hindari kafein pada malam hari, karena kafein bisa meningkatkan BAK makin sering.

2. Lebih Sulit Tidur

Rasa gelisah menjelang persalinan akan membuat bumil sulit tidur. Bunda cari posisi nyaman dan usahakan bisa tidur pada siang hari. Saat proses melahirkan nanti memerlukan banyak energi jadi bunda perlu waktu istirahat yang cukup.

3. Sakit Punggung Dan Kram Perut

Banyak wanita yang alami sakit punggung dan kram perut saat mendekati hari melahirkan. Rasa sakitnya hampir sama dengan saat bunda alami nyeri menstruasi. Rasa sakit ini terjadi karena ada pelonggaran sendi jelang melahirkan dan adanya hormone relaxin.

4. Penipisan Dan Pelebaran Serviks

Menjelang melahirkan akan terjadi penipisan dan pelebaran serviks. Hal ini bertujuan untuk terjadinya pembukaan serviks dan bisa menjadi jalan lahir untuk bayi. Pelebaran serviks ini sampai dilatasi 10 tetapi jika sudah ada tanda pembukaan minimal 2 maka proses persalinan akan segera dimulai dalam waktu 24 hingga 48 jam.

5. Diare

Diare juga menjadi salah satu tanda jelang melahirkan. Mendekati Hari Perkiraan lahir tubuh memproduksi hormone prostaglandin. Hormone prostaglandin berfungsi untuk melunakkan serviks dan membuat pergerakan perut sehingga bunda terasa ingin BAB. Bunda yang tidak alami diare jangan khawatir karena tidak semua wanita alami diare jelang melahirkan.

6. Keluar Lendir Seperti Keputihan

Menjelang melahirkan akan keluar lendir dari jalan lahir. Lendir yang keluar seperti keputihan tetapi lebih kental, berwarna putih, kecoklatan dan bisa juga bercampur dengan darah. Lendir biasanya kan muncul saat beberapa menit, jam, hari bahkan beberapa minggu jelang melahirkan. Bunda harus perhatikan jika lendir yang keluar seperti perdarahan pada menstruasi segera periksa dikhawatirkan ada masalah dengan plasenta. Apalagi bunda yang sudah mengetahui jika plasenta letak rendah atau plasenta previa.

7. Muncul Kontraksi Asli

Kontraksi dibagi menjadi dua jenis kontraksi palsu (braxon his) dan kontraksi asli. Kontraksi palsu juga muncul jelang melahirkan dan menandakan persalinan sudah dekat. Tandanya kontraksi tidak cukup intens dan akan hilang sendiri jika bunda sudah merasa rileks. Berbeda dengan kontraksi palsu, kontraksi asli cukup intens dan makin lama akan terasa kontraksinya makin sering. Bahkan kontraksi asli akan disertai dengan kram perut, punggung dan panggul.

8. Pecah Ketuban

Pecah ketuban adalah tanda pasti bahwa proses persalinan semakin dekat. Kantung ketuban adalah kantong pembungkus cairan yang berfungsi untuk melindungi janin selama di dalam kandungan. Beberapa kasus pecah kantong ketuban terjadi beberapa jam sebelum melahirkan. Ciri ketuban pecah ada beberapa jenis, ketuban bisa keluar berupa semburan dan ada juga yang hanya tetesan saja karena ketuban rembes. Jika alami pecah ketuban bunda langsung ke petugas kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan. 

Mengetahui tanda melahirkan penting untuk bunda. Terutama yang ingin melahirkan normal, tidak bisa diprediksi. Jangan lupa untuk bunda yang sudah memasuki trimester ketiga siapkan tas bersalin yang suda diisi perlengkapan melahirkan. Agar nanti saat tiba terdapat tanda melahirkan tinggal membawa dan tidak panik. 

Bunda yang belum merasakan tanda melahirkan jika sudah melewati HPL segera lakukan pemeriksaan untuk tindak lanjut.