Posisi Tidur Yang Disarankan Untuk Ibu Hamil Trimester 3, Simak Yuk Bunda !


Penulis : Destia Hariana, A.Md.Keb

Pregnancy Woman


Pada Trimester 3 kehamilan bunda akan mengalami kesulitan tidur itu terjadi akibat perubahan fisik dan tidak seimbangnya hormon. Selain itu sulit tidur merupakan ketidaknyaman yang dialami oleh ibu hamil di trimester 3. Untuk itu bunda perlu tau posisi tidur yang tepat agar bisa tidur nyenyak dan mengurangi keluhan. 

Untuk menjaga kesehatan setiap orang membutuhkan tidur yang cukup, apalagi ibu hamil. Karena dengan tidur yang cukup dan berkualitas saat hamil dapat bermanfaat untuk tumbuh kembang janin yang optimal. Selain itu juga dengan tidur yang berkualitas dapat mencegah komplikasi dalam kehamilan.

Saat usia kehamilan di trimester 3 ibu hamil seringkali mengalami sulit tidur. Kondisi perut yang semakin membesar membuat banyak ketidaknyamanan yang dialami oleh ibu hamil trimester 3. Selain itu sulit tidur bisa disebabkan oleh nyeri punggung dan sering buang air kecil. 

Untuk itu cara mengatasi sulit tidur bunda bisa mencoba posisi tidur yang disarankan di trimester 3.

1. Tidur miring ke kiri (left side sleeping)

Posisi tidur miring ke kiri merupakan posisi terbaik untuk ibu hamil trimester 3. Dilakukan dengan posisi miring kiri dan kaki menekuk. Dengan posisi tidur miring ke kiri saat trimester 3 dapat memperlancar aliran darah ke jantung, ginjal dan Rahim sehingga dapat meningkatkan aliran oksigen dan juga nutrisi ke janin.

Selain itu posisi dengan tidur miring ke kiri dapat mengurangi tekanan pada liver dan ginjal dimana itu sangat bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan di tangan dan kaki ibu hamil.

Bunda juga bisa meletakkan bantal diantara kedua kaki, dan di punggung bagian bawah agar semakin nyaman.

2. Setengah duduk

Posisi tidur setengah duduk juga merupakan pilihan yang baik untuk ibu hamil trimester 3. Karena saat trimester 3 menjelang persalinan perut semakin membesar, area selangkangan terasa nyeri dan posisi janin yang semakin turun menekan area simpisis pubis menyebabkan bunda tidak nyaman untuk tidur. 

Nah dengan posisi setengah duduk ini bunda bisa menghindari ketidaknyamanan tersebut. Saat tidur posisi setengah duduk bunda bisa menggunakan bantal untuk menopang bagian punggung dan perut serta bagian kaki. Bisa juga bunda berbaring di sofa recliner misalnya. 

3. Posisi tidur dengan bantal dan guling

Dengan menggunakan bantal dan guling saat tidur miring ke kiri akan terasa lebih nyaman. Bantal dan guling akan membantu bunda menyangga tubuh  sehingga membuat tidur lebih nyaman. Bunda bisa meletakkan guling diantara dua kaki dan bantal pada belakang punggung. 

Untuk mempermudah agar seluruh bagian tubuh dapat ditopang oleh bantal sebaiknya bunda menggunakan bantal yang khusus untuk ibu hamil. Karena bantal khusus ibu hamil dirancang melengkung sesuai dengan kondisi fisik ibu hamil sehingga bisa menopang tubuh bunda dengan sempurna.

4. Menghindari posisi tidur miring ke kanan

Untuk ibu hamil boleh sesekali tidur miring ke kanan tetapi tidak boleh terlalu lama. Karena pada saat ibu hamil tidur miring ke kanan menghambat oksigen dan nutrisi dari ibu ke janin, sehingga menyebabkan janin kekurangan asupan tersebut.

Tidur miring ke kanan juga dapat menekan pembuluh darah aorta ibu sehingga dapat menyebabkan preeklamsia.

5. Menghindari posisi tidur telentang

Bunda juga harus menghindari posisi tidur terlentang. Kondisi perut yang semakin membesar membuat bunda pastinya tidak nyaman dan juga bisa menyebabkan masalah untuk bunda. Tidur dengan posisi terlentang dapat menyebabkan sakit punggung dan sirkulasi darah terganggu.

Hal ini akan sangat berbahaya apabila dilakukan secara terus menerus. Namun jika bunda ingin melakukannya sesekali tidak masalah. 

6. Menghindari posisi tidur tengkurap

Untuk ibu hamil trimester 3 tidak disarankan untuk tidur tengkurap karena ini sangat berbahaya. Hal itu bisa menyebabkan janin kesulitan bergerak dan menghambat aliran oksigen dari ibu ke janin. 

Posisi dengan tidur tengkurap juga dapat menekan vena cava dimana pembuluh darah ini berfungsi membawa darah kembali ke jantung. Dengan adanya penekanan ini menyebabkan aliran darah terhambat dan penumpukan cairan di kaki. Ini yang menyebabkan bunda lebih cepat pegal dan kaki terasa nyeri. 

Beberapa posisi tidur untuk ibu hamil trimester 3 yang disarankan dan yang dihindari. Sulit tidur merupakan ketidaknyaman yang dialami oleh ibu hamil trimester 3. Untuk itu bunda harus bisa menemukan posisi yang nyaman untuk tidur.