Payudara Bengkak Setelah Melahirkan? Lakukan Hal Ini!


Penulis : Eva Rosita, A.Md.Keb

Ibu dan Bayi


Banyak  bunda yang baru melahirkan alami payudara bengkak. Apakah bunda salah satu yang mengalami payudara bengkak setelah melahirkan?

Jika alami payudara mengeras dan alami rasa nyeri itu namanya pembengkakan payudara ya bunda. Hal ini terjadi karena pengeluaran ASI yang tidak lancar.  Kondisi ini akan membuat bunda tidak nyaman dan perlu tindakan untuk mengatasi nyerinya. Pembengkakan payudara biasanya akan terjadi pada hari ketiga sampai ketujuh setelah melahirkan. Penyebab pembengkakan payudara terjadi karena beberapa hal diantaranya:

1. Melewatkan sesi menyusui atau memompa

2. ASI dalam masa peralihan dari kolostrum ke ASI matang

3. Bayi sudah mulai MPASI

4. Saat menyusui perlekatan bayi kurang tepat sehingga saat menyusui ASI tidak sampai kosong

5. Menambah pemberian ASI dengan susu formula

6. Reaksi setelah melahirkan membuat hormon kehamilan yaitu progesteron dan estrogen menurun sehingga hormone prolactin memberikan sinyal ke tubuh untuk mulai produksi ASI. Hal tersebut membuat tubuh lebih banyak mengalirkan cairan ke payudara sehingga merasakan bengkak.

Mengetahui ciri-ciri payudara bengkak cukup mudah. Bunda akan merasakan nyeri dan perasaan payudara yang kencang sebelum akhirnya semakin parah. Untuk ciri-ciri yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Payudara terasa keras dan penuh oleh ASI

2. Saat disentuh terasa nyeri

3. Tidak nyaman saat lengan digerakkan

4. Rasa nyeri di daerah payudara dan punggung

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi payudara bengkak yang terjadi pada bunda yang menyusui diantaranya:

1. Menyusui Bayi Lebih Sering

Setelah melahirkan terjadi peningkatan volume ASI. Bunda harus memberikan ASI ke bayi lebih sering. Dalam 24 jam menyusui minimal 10-12 kali.  Pada saat bunda memberikan menyusui bayi maka rasa nyeri akan berkurang. Apabila bayi tidak mau menyusu atau sudah kenyang bunda bisa pompa ASI dan disimpan di kulkas.

2. Kompres Dengan Air Hangat

Dengan mengompres menggunakan handuk hangat atau breast relaxant akan membantu rasa nyeri akibat dari pembengkakan pada payudara bunda. Kompres 10 sampai 15 menit di masing masing payudara bunda atau sampai rasa nyeri berkurang.

3. Massage Payudara

Saat payudara bengkak bunda juga bisa melakukan pijat pada daerah payudara untuk mengurangi nyeri dan lebih rileks. Bunda bisa lakukan pijat sendiri atau meminta bantuan ke tenaga professional. 

4. Kompres Menggunakan Air Dingin

Kompres air dingin atau es bisa meredakan nyeri dan bengkak pada payudara bunda yang masih aktif memberikan ASI. Bunda bisa melakukan kompres payudara setiap hari.

5. Pembengkakan karena menyapih bayi

Saat bunda mau menyapih anak. Untuk mengurangi bengkak dan nyeri, bisa dilakukan secara bertahap. Misalnya dalam satu hari selalu memberikan ASI 12 kali, maka kurangi jumlah menyusu 1 kali setiap 2 hari sampai tidak menyusu sama sekali. Mengurangi porsi menyusu dapat memberikan lebih sedikit rasa nyeri dan bengkak yang dialami oleh bunda.

6. Konsumsi obat pereda nyeri

Pastinya untuk bunda yang  menyusui tidak boleh minum sembarang obat. Bunda bisa gunakan paracetamol untuk meredakan nyeri akibat dari payudara yang bengkak.

Apabila bunda alami payudara bengkak memang membuat ketidaknyamanan, apalagi setelah melahirkan. Tetapi payudara bengkak tidak berbahaya dan itu adalah hal yang wajar jika bunda merasakannya. Bunda bisa lakukan tips diatas jika alami payudara bengkak.

Setelah melakukan tips diatas tetapi bunda merasa masih bengkak dan nyeri bahkan makin parah. Segera lakukan pengobatan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Apabila pembengkakkan tidak segera diatasi akan membuat payudara infeksi atau mastitis sehingga akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.