Olahraga Ini Bantu Perlancar Persalinan !


Penulis : Eva Rosita, A.Md.Keb

Ibu Hamil


Melahirkan normal sangat diinginkan oleh bunda yang sedang hamil. Berbagai cara pun akan dilakukan agar bisa melahirkan normal dengan lancar tanpa kendala. Salah satu yang bisa bunda lakukan adalah dengan berolahraga saat hamil agar bantu perlancar melahirkan normal. Lalu apa saja olahraga  yang bisa dilakukan untuk ibu hamil?

Mendekati melahirkan pastinya perut bunda semakin membesar. Bunda perlu memilih olahraga yang cocok dan menghindari olahraga yang berbahaya. Pilih olahraga ringan agar bunda tetap fit dan bisa bermanfaat saat proses persalinan nanti.

Olahraga untuk memperlancar persalinan berpusat di panggul, pinggang, dan punggung. Hal ini dilakukan untuk merilekskan otot dan lebih terlatih. Pastinya bunda harus melakukannya secara rutin.

APA SAJA YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM OLAHRAGA?

Bunda perlu mempersiapkan diri sebelum olahraga. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Apa saja yang perlu disiapkan?

1. Minum air putih yang cukup sebelum olahraga. Bunda juga perlu membawa air putih agar tidak dehidrasi saat olahraga.

2. Konsumsi makanan penuh gizi, setidaknya 1-2 jam sebelum olahraga

3. Kenakan pakaian yang nyaman serta menyerap keringat, selain itu gunakan juga sepatu yang nyaman.

4. Pastikan lakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelah olahraga agar tidak terjadi kram.

5. Konsultasikan dengan dokter olahraga yang dibolehkan untuk bunda.

Yang perlu diperhatikan sebelum olahraga saat hamil?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalani olahraga yaitu :

1. Keluar darah dari jalan lahir ataupun flek

2. Terdapat gangguan pada plasenta

3. Memiliki riwayat melahirkan prematur

4. Anemia

5. Pusing

6. Tekanan darah tinggi atau hipertensi

Lalu apa saja olahraga yang dibolehkan untuk ibu hamil agar persalinan lancar?

1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang sangat mudah dan murah sehingga menjadi pilihan pertama untuk ibu hamil. Jalan kaki bisa dilakukan di sekitar komplek atau disekitar rumah bunda. Walaupun mudah, olahraga ini bisa membantu persalinan lancar karena bisa melatih keseimbangan panggul.

Bunda bisa berjalan kaki pada pagi atau sore hari sehingga tidak terlalu panas. Jika tidak ingin terlalu panas bunda juga bisa jalan-jalan di mall agar lebih semangat. Agar mendapat manfaat berjalan kaki, bunda bisa lakukan jalan kaki minimal 30 menit setiap harinya. 

2. Naik Turun Tangga

Olahraga murah selanjutnya adalah naik turun tangga. Bunda bisa lakukan olahraga ini untuk bantu kepala janin turun panggul sehingga persalinan lancar. Bunda mulai dengan naik turun tangga dengan jalan biasa, bisa juga melakukan inovasi dengan naik turun tangga dengan jalan menyamping sambil berpegangan dengan pelindung tangga. Saat berhenti sambil bergoyang ke kanan dan kekiri untuk memaksimalkan gerakan. Lakukan latihan naik turun tangga apabila kepala janin sudah dibawah dan pada umur kehamilan 34 minggu keatas.

3. Duduk Di Atas Gym Ball

Bunda bisa duduk di atas gymball untuk membantu janin masuk panggul. Pastikan juga kepala janin sudah dibawah dan umur kehamilan sudah 34 minggu keatas. Pilih gym ball yang sesuai dengan ukuran tinggi badan bunda. Ditandai dengan pada saat bunda duduk diatas gymball kaki bunda menapak pada lantai dan pastikan posisi panggul lebih tinggi dari lutut untuk mendapat manfaatnya.

Mulai dengan gerakan memutar ke kanan delapan kali hitungan dan dilanjutkan dengan memutar ke kiri delapan kali hitungan. Dilanjutkan dengan gerakan maju mundur. Olahraga gym ball ini bisa dilakukan saat bunda sedang bersantai. Bisa juga dilakukan saat sambil menonton televisi agar tidak jenuh.

Diatas adalah olahraga yang bisa membantu perlancar proses melahirkan. Sebelum olahraga bunda bisa perhatikan terlebih dahulu apa yang harus disiapkan dan apakah ada kendala jika bunda ingin olahraga tersebut.