Nutrisi Apa Aja Sih Yang Dibutuhkan Untuk Ibu Hamil Dengan Anemia? Simak Yuk Bund!


Penulis : Destia Hariana, A.Md.Keb

Healthy Food


Anemia merupakan kejadian yang sering terjadi pada ibu hamil. Anemia terjadi karena jumlah sel darah merah yang meningkat selama kehamilan tetapi tidak diimbangi dengan asupan zat besi yang cukup. Zat besi itu sendiri berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Untuk itu bunda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, asam folat, protein, mineral dan berbagai vitamin lainnya untuk mengatasi anemia.

Berikut ini nutrisi atau makanan yang dapat mengatasi anemia:

1. Sayuran Berwarna Hijau 

Meski tidak hamil, sayuran merupakan makanan yang wajib dikonsumsi karena mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh apalagi untuk ibu hamil. Sayuran berwarna hijau seperti brokoli, bayam, sawi dan lain sebagainnya sangat direkomendasikan untuk ibu hamil dengan anemia. Karena dalam sayuran berwarna hijau tinggi akan zat besi dan asam folat yang baik untuk ibu hamil terutama ibu hamil dengan anemia.

2. Daging 

Selain sayuran daging juga mengandung banyak zat besi. Seperti daging sapi, daging ayam, kambing dan domba mengandung zat besi serta asam folat yang sangat berfungsi untuk meningkatkan hemoglobin dengan ibu hamil anemia. Pastikan daging diolah dengan matang sempurna dan mengonsumsinya tidak berlebihan.

3. Buah yang mengandung vitamin dan zat besi

Buah menjadi sumber nutrisi yang harus ada dalam menu harian ibu hamil. Buah-buahan yang mengandung vitamin A,B dan C sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Misalnya pisang, selain mengandung vitamin pisang juga kaya akan zat besi dan mineral. Selain itu jeruk juga kaya akan vitamin-C yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

4. Madu

Zat besi yang terkandung dalam madu juga membantu pembentukan sel darah merah pada ibu hamil anemia. Madu bisa dikombinasikan sebagai pelengkap ketika bunda bosan makan buah-buahan atau minum madu secara langsung.

5. Kurma

Ketika bunda bingung memilih cemilan yang sehat untuk ibu hamil, bunda bisa memilih kurma sebagai cemilan atau selingan. Kurma mengandung vitamin dan juga zat besi yang berguna untuk meningkatkan hemoglobin ibu. 

6. Kacang Almond dan Oatmeal 

Camilan selain kurma yang dapat bunda pilih yaitu kacang almond atau oatmeal. Kacang almond mengandung zat besi yang cukup tinggi, selain rasanya enak pastinya dapat membantu meningkatkan hemoglobin.

Selain itu oatmeal juga banyak mengandung serat dan mineral yang tinggi. Bisa dijadikan menu sarapan karena mudah dibuat dan ditemukan. 

Untuk ibu hamil dengan anemia disarankan mengkonsumsi nutrisi atau makanan yang banyak mengandung zat besi, asam folat serta mineral lainnya seperti contoh diatas. Untuk hasil yang maksimal bunda bisa menerapkannya dalam keseharian. Selain itu tetap konsultasi dan minum vitamin yang dianjurkan oleh dokter.