Ketahui Manfaat USG Ibu Hamil Trimester Kedua di bawah ini!

 


Penulis: Fadila Nur’aini, S.Tr.Keb
Ibu hamil dan pasangan sedang memegang hasil USG (Dok.Freepik/tirachardz)


Memasuki trimester kedua kehamilan, janin sudah semakin berkembang dari sebelumnya. Bidan atau dokter akan menganjurkan Anda untuk mendapatkan pemeriksaan USG. Pemeriksaan USG ibu hamil trimester II prosesnya sama seperti di trimester pertama yaitu menggunakan USG dari perut.

Beberapa kondisi dapat terlihat jelas dengan pemeriksaan USG misalnya kelainan pada janin yaitu spina bifida terbuka yang memengaruhi sumsum tulang belakang. Ini dapat terdeteksi sekitar 9 dari 10 janin yang memiliki spina bifida. Contoh lain yang dapat terlihat pada pemeriksaan USG adalah bibir sumbing. Bayi dengan bibir sumbing mungkin akan memerlukan operasi untuk menyatukan celah bibir.

Kondisi lainnya mungkin agak sulit misalnya kelainan pada jantung yang dapat terdeteksi sekitar 5 dari 10 janin. Pada beberapa kasus kondisi yang mungkin ditemukan pada pemeriksaan USG adalah kelainan pada otak, ginjal, organ dalam atau tulang yang tidak berkembang dengan baik. Untuk mencegah cacat pada janin, salah satu upaya yang dapat Anda lakukan adalah mengonsumsi suplemen multivitamin Bundavin.

 

 

1. Mengetahui perkembangan janin

USG ibu hamil trimester II ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan janin lebih detail mulai dari tulang, jantung, otak, tulang belakang, wajah, ginjal dan perut bayi. Biasanya akan mulai terlihat jelas pada usia kehamilan sekitar 20 minggu. Hal ini dapat mengetahui kemungkinan adanya kelainan pada janin Anda. Oleh karena itu, upayakan untuk selalu makan sehat, hindari asap rokok dan alkohol serta merencanakan kehamilan.

 

2. Mengetahui jumlah cairan ketuban

USG adalah media yang membantu Anda untuk mengetahui jumlah cairan ketuban. Dokter akan menilai jumlah cairan ketuban dan memberi tahu apakah cairan ketuban Anda cukup atau tidak. Penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh setidaknya tiga liter setiap hari. Namun, hal ini perlu disesuaikan dengan aktivitas harian Anda juga.

 

3. Mengetahui detak jantung janin

USG adalah salah satu cara untuk mengetahui bahwa ritme dan detak jantung janin Anda dalam batas yang normal. Denyut jantung janin yang normal yaitu 120 - 160 kali/menit. Ketika di rumah, Anda mungkin bingung bagaimana cara mengetahui bahwa janin Anda sehat atau tidak. Hal sederhana yang dapat Anda lakukan adalah mengenali pola gerakan janin Anda. Jika janin Anda mengalami perubahan pola gerakan, segeralah periksa.

 

4. Mengetahui posisi plasenta

Mulai dari trimester kedua, Anda bisa mengetahui letak plasenta. Plasenta adalah organ yang memberikan nutrisi serta oksigen kepada bayi melalui tali pusat. USG dapat mengetahui posisi plasenta menutup jalan lahir atau tidak. Jika di trimester kedua ini plasenta tampak menutupi jalan lahir, maka jangan khawatir! Dokter akan mengevaluasi posisi plasenta sudah berpindah atau belum pada trimester ketiga.