Inilah Berbagai Vitamin Penting Yang Ibu Hamil Butuhkan. Simak Yuk Moms!


Penulis : Destia Hariana, A.Md.Keb

Vitamin Ibu Hamil & Menyusui


Vitamin merupakan hal yang penting untuk ibu hamil selama masa kehamilan. Suplemen yang bumil konsumsi berguna untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Selain itu juga membantu memastikan perkembangan janin sehat.

Vitamin yang harus bumil konsumsi selama kehamilan

1. Asam folat

Untuk mencegah cacat pada sistem saraf pada bayi (neural tube defect – NTD) bumil memerlukan asam folat yang cukup. Umumnya NTD mulai berkembang di 28 hari pertama setelah konsepsi (pembuahan). 

Akan tetapi sebagian besar bumil belum menyadari bahwa sedang hamil pada saat itu. Sehingga ketika ibu akan merencanakan kehamilannya harus memenuhi kebutuhan asam folat 400-800 mikrogram setiap harinya untuk mencegah kecacatan pada sistem saraf. Dengan mengkonsumsi asam folat sebelum hamil diharapkan dapat mencegah terjadinya kecacatan tersebut. 

2. Vitamin D

Ibu hamil juga membutuhkan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi pada ibu dan juga janin. Ibu hamil membutuhkan vitamin D sekitar 10 miligram. Dampak negatif yang akan ditimbulkan ketika ibu hamil kekurangan vitamin D adalah pertumbuhan tulang janin tidak tumbuh secara maksimal. Selain mengkonsumsi vitamin D, bumil juga bisa mendapatkan asupan vitamin D alami dari ikan, seperti ikan salmon, sarden, telur dan sarden. Selain itu moms bisa berjemur dibawah sinar matahari untuk mendapatkan asupan vitamin D yang lainnya.

3. Kalsium 

Kalsium yang ibu hamil butuhkan sekitar 1.000 miligram setiap harinya. Kalsium bermanfaat untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi janin selama dalam kandungan. Bumil bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti tempe, tahu, yoghurt, susu, sayuran hijau dan kacang-kacangan.

4. Zat besi

Memenuhi kebutuhan zat besi ketika hamil sangat penting, karena oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh akan dibawa oleh sel darah merah. Dimana pembentukan sel darah merah ini dilakukan oleh zat besi. 

Moms yang mengalami kondisi mudah lelah, pusing, lemah dan pucat ketika hamil itu disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh, disebut dengan anemia. Apalagi ketika moms mengalami morning sickness dapat lebih parah ketika kekurangan zat besi. 

Zat besi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan janin dalam kandungan. Ibu hamil yang kekurangan zat besi dapat berisiko melahirkan bayinya prematur dan melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah menjadi meningkat. Selain itu janin juga dapat berisiko mengidap anemia ketika lahir.

Vitamin Lain Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

1. Vitamin A & Beta Karoten

Kebutuhan vitamin A minimal 770 mikrogram setiap harinya untuk membantu pertumbuhan tulang bayi. Moms bisa mengkonsumsi wortel, labu, bayam, manga, papaya, brokoli, ikan, unggas dan daging.

2. Vitamin E

Ternyata senyawa dalam vitamin E dapat membantu membentuk tubuh menggunakan sel darah merah dan otot. Untuk itu ibu hamil perlu mengkonsumsi vitamin E perharinya 15 milligram. Moms bisa mendapatkan vitamin E dari alpukat, kacang-kacangan, bayam, biji-bijian dan asparagus.

3. Vitamin C

Antioksidan dalam vitamin C dapat melindungi jaringan dari kerusakan dan juga membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, selain itu vitamin C juga dapat membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat. Moms bias mengonsumsi vitamin C 2000 miligram per hari. Bias didapatkan dari jeruk, stroberi, manga, tomat, kiwi, brokoli dan papaya.

4. Vitamin B1

zat dalam vitamin B1 dapat meningkatkan energy dan mengatur sistem saraf. Perhari moms bias mengonsumsi vitamin B1 sebanyak 1,4 milligram. Sumber vitamin B1 dapat diperoleh dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, daging sapi, ikan salmon, daging ayam, ikan tuna, pisang dan sayuran berdaun hijau.

5. Vitamin B2

Mengonsumsi vitamin B2 dapat mempertahankan energy, penglihatan menjadi baik dan kulit menjadi sehat. Ibu hamil perlu mengkonsumsi vitamin B2 sebesar 1,4 milgram perharinya. Dapat diperoleh dari sumber susu dan produk turunannya seperti telur, daging ayam, daging sapi, ikan salmon, ikan tuna, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

6. Vitamin B6

Vitamin B6 diketahui dapat membantu membentuk sel darah merah dan mengurangi morning sickness yang dialami oleh ibu hamil. Konsumsi vitamin B6 maksimal 100 miligram per hari. Sumber vitamin B6 dapat diperoleh dari ikan salmon, ikan tuna, ayam, daging sapi, kacang-kacangan, kentang, pisang, wortel dan bayam.

7. Vitamin B12

Vitamin ini salah satu faktor penting dalam sintesis DNA dan diketahui dapat mencegah cacat tabung saraf (NTDs). Moms dianjurkan mengonsumsi vitamin B12 sebanyak 2,6 microgram per hari. Dapat diperoleh dari daging merah, daging unggas, ikan salmon, ikan tuna, telu, susu dan produk turunannya, sarden, hati sapi dan kerang.

Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil

Bundavin

Selama hamil pastinya bumil membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih banyak. Nah salah satu pilihan multivitamin yang bisa dikonsumsi saat hamil adalah bundavin. Bundavin merupakan suplemen kesehatan yang banyak vitamin dan mineral, selain itu terdapat kandungan Fe, Asam folat, Kalsium dan Yodium yang penting untuk kesehatan ibu dan janin dimana Bundavin dapat membantu pembentukan janin serta, mikronutrien dari produk Bundavin berguna untuk memenuhi asupan nutrisi ibu hamil terutama di trimester I kehamilan. Bundavin juga dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui sebagai penunjang nutrisi pada ASI