Bagaimana Cara Menghilangkan Gatal Pada Miss V Dengan Daun Sirih. Simak Yuk Mom !


Penulis : Destia Hariana, A.Md.Keb

Sirih Leaf


Ternyata secara turun temurun cara menghilangkan gatal pada miss V dengan menggunakan daun sirih sudah dilakukan oleh sebagian banyak wanita. Namun ada baiknya cara ini disesuaikan dengan penyebab gatal pada miss V agar pengobatannya lebih optimal.

Gatal yang terjadi pada miss V umumnya disebabkan oleh jamur atau infeksi bakteri Lactobacillus. Tidak hanya disebabkan oleh jamur atau infeksi bakteri gatal pada miss V juga dapat disebabkan karena perubahan kadar hormone, iritasi maupun stress.

Meskipun banyak yang sudah tahu cara menghilangkan gatal pada miss V dengan daun sirih sudah dilakukan secara turun temurun tetapi banyak yang belum mengetahui penggunaan daun sirih yang aman untuk mengatasi gatal pada miss V.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Miss V Dengan Daun Sirih Secara Alami

Kandungan senyawa di dalam daun sirih yang bermanfaat seperti saponin, tanin, fenol, flavonoid, glycosides dan chavicol. Kandungan senyawa yang dimiliki daun sirih bersifat antibakteri sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi serta gatal.

Tidak heran jika cara menghilangkan gatal pada miss V dengan alami menggunakan daun sirih sudah dilakukan dan dirasakan manfaatnya sejak lama turun temurun karena memang berbagai kandungan senyawa yang bermanfaat pada daun sirih.

Menghilangkan gatal pada miss V lebih efektif menggunakan daun sirih apabila gatal yang disebabkan oleh bakteri. Jadi memang penggunaan daun sirih untuk gatal pada miss V harus diketahui dengan pasti penyebabnya agar penggunaannya lebih optimal.

Berikut ini cara mengolah dan menggunakan daun sirih yang aman untuk menghilangkan gatal pada miss V :

1. Sediakan daun sirih sebanyak 4 lembar

2. Cuci daun sirih dengan bersih

3. Sediakan 400 ml air 

4. Rebus daun sirih dengan air sampai mendidih

5. Diamkan air rebusan daun sirih selama 15 menit

6. Gunakan saringan untuk mengambil air rendaman daun sirih

7. Basuhkan air rendaman daun sirih yang sudah dingin ke miss V

8. Cara ini bisa dilakukan sebanyak 1x sehari ketika mandi atau sebelum tidur

Perlu moms ketahui bahwa sebenarnya miss V memiliki bakteri baik yang berfungsi untuk menjaga area miss V tetap sehat. Agar bakteri baik yang ada pada miss V tetap terjaga moms disarankan untuk tidak menggunakan air rebusan daun sirih secara berlebihan. Selanjutnya moms bisa menjaga kesehatan miss V dengan melakukan cara berikut ini. 

- Membasuh miss V secara rutin dan benar dengan menggunakan air bersih dari depan ke belakang

- Mengeringkan area miss V dengan handuk atau tissue yang lembut 

- Sering mengganti pembalut saat menstruasi dengan sering atau ketika merasa lembab dan basah

- Menggunakan pakaian dalam yang longgar tidak terlalu ketat dan menyerap keringat

- Tidak menggunakan cairan pembersih untuk miss V

Selain itu hormone dan juga faktor psikologis dapat mempengaruhi kesehatan miss V seperti stress yang berlebih. Untuk itu penting bagi moms bisa mengelola stress dengan baik dan memenuhi nutrisi.

Sudah dirasakan manfaatnya cara menghilangkan gatal pada miss V dengan menggunakan daun sirih, tetapi sekali ,lagi harus dengan cara yang tepat dan sesuai dengan penyebabnya.

Apabila moms sudah melakukan menghilangkan gatal pada miss V dengan menggunakan daun sirih tetapi tidak kunjung membaik, sebaiknya moms tetap harus konsultasikan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.